Tips Memilih dan Merawat Berlian


Diamond is forever.  Berlian adalah abadi. Namun, bagaimana cara memilih berlian yang benar agar bisa mendapatkan Berlian dengan Kualitas yang baik? Dan bagaimana merawat berlian yang Anda punya agar kilaunya tetap cemerlang abadi?


Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan merawat berlian kesayangan Anda:

TIPS Memilih Berlian


1. Color (Warna)
Berlian memiliki tingkatan warna yang berkisar antara D (tanpa warna) sampai ke Z (memiliki tingkatan warna kuning) . Warna berlian yang paling populer adalah warna putih, sedangkan berlian yang paling mahal adalah berlian yang tidak berwarna (colorless) D 100%.  Adapun berlian warna warni (fancy) akan ditentukan harganya oleh kedalaman warna yang dimilikinya.



2. Clarity (Kejernihan)
Kejernihan berlian ditentukan oleh jumlah, jenis, warna, ukuran, penempatan dan jenis inklusi. Semakin banyak  cacat (inklusi) pada berlian dapat menurunkan nilai berlian yang Anda miliki. Kecacatan pada berlian dapat dilihat melalui kaca pembesar dengan pembesaran minimal 10 kali. Semakin sedikit inklusi yang terjadi maka semakin berharga pula nilai berlian tersebut.



Penilaian atas kemurnian suatu berlian memiliki jenjang:

  • Internally flawless (IF) – tidak ada cacat sama sekali

  • Very very slight inclusions (VVS1-VVS2) – inklusi yang sangat amat kecil

  • Very slight inclusions (VS1-VS2) – inklusi yang sangat kecil

  • Slight inclusions (SI1-SI2) – inklusi yang kecil

  • Imperfect (I1-I2-I3) – tidak sempurna, inklusi yang dapat terlihat oleh mata

 

3. Cut (Pemotongan)
Potongan suatu berlian harus propotional dan excellent cut yang menjadikan berlian tersebut lebih berkilau.  Berlian memiliki variasi bentuk yang umum :



10 bentuk potongan / model berlian adalah: round, marquise, pear, oval, emerald, princess, radiant, asscher, cushion, dan heart.


4. Carat
Berlian dijual berdasarkan berat yang diukur dalam satuan ‘karat’. Satu karat setara dengan 0.2 gram / 200 mg atau 1/5 gram, yang terbagi menjadi 100 poin. Pada perhiasan dengan lebih dari satu berlian, istilah ‘karat’ dideskripsikan sebagai total berat karat yang merupakan gabungan berat dari semua batu di dalam perhiasan tersebut. Carat adalah ukuran Besar Kecilnya suatu berlian.


 

Semakin besar ukuran berlian akan semakin Mahal.
Tetapi Berlian akan dinilai dengan tambahan unsur 3c lainnya ( cut, color dan clarity). Berlian yang kecil tetapi cut, color dan claritynya bagus maka akan bernilai tinggi dibandingkan Berlian besar tetapi cut, color dan claritynya tidak bagus/ berkualitas rendah.


**  Tips : Agar Berlian anda terjamin kualitasnya , Maka  sebaiknya Anda membeli Berlian yang mengeluarkan Certificate untuk menjamin kualitasnya. Certificate dapat berupa Inhouse Certificate atau Certificate Berstandard International: GIA/HRD certificate (umumnya)


TIPS Merawat Berlian
Berlian merupakan batu yang kuat. Pemakaian sehari-hari biasanya tidak sampai merusak berlian. Jika agak kusam bisa dibersihkan sendiri dengan menggunakan air hangat dan sabun cair. Berikut tips untuk merawat berlian:

  • Jangan menyimpan berlian dalam keadaan telanjang (tanpa pembungkus).

  • Jika melakukan aktivitas seperti manicure, berenang, memasak, membersihkan rumah, mencuci sebaiknya perhiasan berlian dilepas.

  • Sebaiknya perhiasan berlian dilepaskan bila Anda akan mengoleskan lotion, sunscreen atau menyemprotkan hairspray, parfum agar warna berlian Anda tidak memudar dan berubah warna.

  • Lakukan penggosokkan berkala tiap 6 bulan sekali di toko berlian yang menyediakan jasa ini.

  • Atau rendam berlian dalam larutan yang terbuat dari 1 gelas air hangat dan seperempat gelas amonia selama 20 menit, sikat perlahan dengan sikat gigi berbulu halus sampai ke area di antara batu dan rangkanya, bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan kain yang lembut. 

  • Bila terdapat noda pada cincin berlian Anda, segera cuci dengan sabun dan air lalu rendam selama beberapa menit sampai semalam.